POWDER COATING PANEL KUBAH MASJID

Powder coating adalah proses pelapisan pada permukaan profil aluminium dan besi dengan suatu lapisan film. Dalam bentuk film bubuk digunakan dalam lapisan tipis workpiece kemudian dilarutkan dalam bentuk film dan dipanaskan untuk polimerisasi dan mengawetkan coating. Powder (serbuk) dilekatkan pada permukaan profil aluminim dengan menggunakan alat electric spray gun. Powder Coating ditemukan pertama kali pada tahun 1967 di Australia. System pengecatan Powder Coating tidak mempergunakan bahan cair / pengencer yang biasa dilakukan pada cat konvensional. Powder Coating umumya dipakai untuk melapisi permukaan logam seperti besi dan aluminium. Untuk mencapai daya rekat yang maksimal maka sebelum dilakukan pengecatan, bahan yang akan dicat dibersihkan dan diberikan treatment tertentu. Agar cat yang tadinya berupa powder atau tepung bisa merekat dengan sempurna maka harus di-oven dengan suhu 160 – 220 C°.

Serbuk Cat Powder Coating

Powder coating adalah proses finishing kering. Yang terdiri dari partikel-partikel yang dihaluskan, seperti resin, pigmen dan bahan baku lainnya yang diberikan muatan elektrostatis, kemudian disemprotkan ke objek yang akan dilapisi atau di cat. Objek benda yang akan diproses dengan Powder Coatingini terlebih dahulu dibersihkan dari segala bentuk kotoran termasuk minyak dan debu dengan tujuan untuk mengurangi kegagalan dalam proses coating (pelapisan).

Skema Proses Pengecatan Powder Coating

Terdapat 2 (dua) teknik pengecatan kering:

  1. Pencelupan; Benda yang akan di lapisi dicelupkan kedalam bak yang berisiPowder Coating yang telah diberi muatan elektrostatik.
  2. Penyemprotan; Powder Coating yang telah diberi muatan elektrostatik tersebut di semprotkan kepada objek yang akan dilapisi.

Spraybooth

Setelah benda melalui salah satu proses tersebut diatas kemudian benda yang telah terlapisi Powder Coating dimasukkan kedalam oven, tujuannya untuk melelehkan dan menyatukan partikel serbuk/bubuk sehingga membentuk lapisan-lapisan yang halus yang melapisi objek atau benda kerja.

Terdapat 2 (dua) jenis Powder Coating yang tersedia untuk melapisi permukaan suatu benda kerja:

  1. Thermo Plastic; Material bubuk ini akan mengalami pencairan jika benda kerja mendapat perlakuan panas.
  2. Thermosetting; Merupakan bahan yang kuat dan tidak akan mencair kembali walaupun benda kerja mendapat perlakuan panas.

Selama proses pengovenan reaksi kimia silang akan terjadi karena dipicu oleh temperatur oven dan oleh karena reaksi kimia itulah yang memberikan banyak sifat unggul pada pelapisan atau pengecetan dengan menggunakan pengecatan metode kering ( Powder Coating ). Pengecatan atau pelapisan dengan menggunakan metode pengecatan kering ini sering di gunakan/diaplikasikan pada benda yang terbuat dari aluminium atau besi.

Proses Pengerjaan Powder Coating

Pertama produk metal dibersihkan (blastcleaning) terlebih dahulu, kemudian dilapisi dengan cairan anti karat dan dikeringkan.

Setelah itu disemprot oleh cat serbuk/bubuk (powder application) pilihan berkualitas tinggi dengan warna-warna yang menarik sesuai dengan permintaan pelanggan dengan metode elektrostatis (dengan bantuan alat semprot/spraybooth yang dialiri listrik).

Metode spraybooth akan membuat cat serbuk/bubuk melekat sempurna pada permukaan metal. 

Selanjutnya produk yang dicat dimasukkan ke dalam sebuah oven, kemudian dipanaskan pada suhu 160-220 derajat celicius (curing) hingga cat serbuk/bubuk mencair dan melekat dengan sangat kuat pada metal tersebut.

Ada beberapa keuntungan powder coating diantaranya: 

  1. Powder coating mengandung VOC (volatile organic compounds/campuran organik yang mudah menguap) mendekati nol. 
  2. Powder coating menghasilkan lapisan lebih tebal dari pengecatan konvensional. 
  3. Kelebihan bahan powder (overspray) dapat didaur ulang, dengan begitu kemungkinan untuk mencapai hampir 99%.

Call Now ButtonHubungi Kami